Bantu PMI Lumajang, Mahasiswa Universitas Jember Kampus Lumajang Gelar Dordar – Universitas Jember


Lumajang, 8 November 2018

Para mahasiswa Program Studi Diploma 3 Keperawatan Universitas Jember berinisiatif membantu Palang Merah Indonesia (PMI) Lumajang. Caranya dengan menggelar kegiatan donor darah (Dordar) di alun-alun Lumajang kala pelaksanaan Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) atau yang lebih tenar dengan istilah Car Free Day (CFD). Para mahasiswa yang berhimpun dalam Himpunan Mahasiswa (Hima) Program Studi Diploma 3 Keperawatan mulai bersiap semenjak pukul 05.30 WIB di Minggu pagi itu (4/11). Selain bekerjasama memberikan layanan donor darah, mereka juga melayani konsultasi kesehatan, cek gula darah, dan cek kadar kolesterol bagi warga Lumajang yang pagi itu memenuhi alun-alun guna berolahraga.

Menurut Maya Mustika Sari, koordinator kegiatan, selain memberikan layanan donor darah kepada warga Lumajang yang tengah berolahraga, Hima Program Studi Diploma 3 Keperawatan juga mengundang siswa-siswi sekolah menengah atas di Lumajang untuk turut aktif berpartisipasi mendonorkan darahnya. “Kami ingin mempopulerkan donor darah sebagai bagian dari gaya hidup sehat di kalangan anak muda Lumajang, harapannya makin banyak warga Lumajang khususnya anak mudanya yang tergerak untuk melakukan donor darah secara rutin. Sebab dengan donor darah, itu berarti kepedulian kita kepada sesama. Tujuan kedua, tentu saja mengenalkan keberadaan Program Studi Diploma 3 Keperawatan Universitas Jember Kampus Lumajang,” tutur Maya.

Layanan yang disediakan oleh Hima Program Studi Diploma 3 Keperawatan Universitas Jember Kampus Lumajang bersama PMI ternyata diminati masyarakat sekitar. Terbukti ada 90 orang yang datang berkonsultasi, dan mendonorkan darahnya. “Alhamdulillah, banyak yang berminat mendonorkan darahnya, cuman tidak semua yang layak berdonor karena tidak memenuhi syarat semisal tekanan darahnya lagi tinggi. Hingga akhir acara tercatat 50 orang yang mendonorkan darahnya, semoga di lain kesempatan makn banyak yang mendonorkan darahnya,” pungkas Achlish Abdillah, dosen Program Studi Diploma 3 Keperawatan yang juga penanggung jawab bidang minat, bakat dan performa mahasiswa, yang pagi itu mendampingi mahasiswanya. (tim Berkarya Lumajang)



Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *