Padukan Buku dan Kopi, Cara Perpustakaan Universitas Jember Populerkan Gerakan Literasi – Universitas Jember


Jember, 12 Maret 2018

Literasi merupakan salah satu keterampilan penting yang harus dimiliki oleh generasi Jaman Now saat ini. Literasi tidak hanya bertujuan untuk mencetak individu yang hanya cerdas dalam bidang akademik, namun juga memiliki pola pikir kritis dan logis dalam menerima dan menanggapi informasi. Berangkat dari tuntutan tersebut, Unit Pelayanan Teknis (UPT) Perpustakaan Universitas Jember kembali menyelenggarakan kegiatan Pesta Literasi di tahun 2018 ini (12/3). Uniknya, selain para pengunjung mendapatkan berbagai pengetahuan terkait literasi, khususnya literasi informasi, mereka juga dapat menikmati minuman kopi gratis yang disajikan oleh Komunitas Jember Koffiesta.

Menurut Ida Widiastuti, Kepala UPT Perpustakaan Universitas Jember, kegiatan Pesta Literasi merupakan salah satu upaya untuk terus menyebarluaskan semangat membaca di kalangan sivitas akademika Universitas Jember, dan juga masyarakat Jember. “Dengan semakin pesatnya perkembangan teknologi informasi di era digital saat ini, maka kami sebagai salah satu motor penggerak minat baca di lingkungan perguruan tinggi, harus mampu mencari cara yang unik dalam menarik perhatian khalayak agar terus mau membaca dan belajar. Salah satunya dengan cara menggandeng komunitas Jember Koffiesta, apalagi saat ini minum kopi telah jadi trend,” tutur Ida. Dirinya lantas menambahkan, pihaknya menyediakan 300 gelas kopi gratis yang sudah diracik oleh Komunitas Jember Koffiesta lengkap dengan makanan ringan. Tersedia berbagai ragam minuman kopi dari kopi Robusta, Arabika hingga kopi Gayo.

Selain itu, kegiatan Pesta Literasi kali ini juga dijadikan sebagai momen lahirnya Komunitas Sahabat Perpustakaan. Komunitas Sahabat Perpustakaan adalah komunitas yang berupaya meningkatkan kemampuan berliterasi dan menyebarkan budaya membaca kepada masyarakat, baik di dalam maupun di luar kampus. Anggotanya terdiri dari mahasiswa, dosen, tenaga kependidikan dan kalangan umum. Program yang dicanangkan oleh Komunitas Sahabat Perpustakaan antara lain program kelas literasi berupa online search skill, kelas Inspirasi, talk show, berbagai lomba, optimalisasi sosial media, dan pengolahan perpustakaan berbasis teknologi informasi. “Kami harapkan komunitas ini dapat menjadi ruang bagi sivitas akademik Universitas Jember dan masyarakat umum dalam menumbuhkan kemampuan literasi mereka,” tambah Ida Widiastuti.

Kegiatan Pesta Literasi dan peresmian Komunitas Sahabat Perpustakaan dilaksanakan oleh M. Sulthon Masyhud, Wakil Rektor III Universitas Jember. Dalam sambutannya, M. Sulthon Masyhud memberikan apresiasi terhadap langkah nyata yang telah dilakukan oleh UPT Perpustakaan Universitas Jember dalam menyebarluaskan gerakan literasi. M. Sulthon juga berharap agar Perpustakaan Universitas Jember dapat memberikan pelayanan yang semakin baik terhadap para pengunjung baik yang berasal dari Universitas Jember maupun masyarakat luar kampus. Salah satu langkah yang sudah diwujudkan adalah dengan mempercantik halaman UPT Perpustakaan dengan taman yang representatif untuk membaca atau sekedar bersantai.

Kegiatan Pesta Literasi kali ini mendapatkan sambutan positif, terbukti dari banyaknya pengunjung yang datang. Selain dapat melihat bazaar buku murah hingga 21 Maret nanti, pengunjung disuguhi pameran foto, menikmati suguhan musik dan tari, sambil tentu saja menikmati kopi. Rangkaian acara Pesta Literasi 2018 juga diisi dengan seminar tentang “Pelayanan Publik yang Berorientasi pada Disabilitas, Perempuan dan Lanjut Usia” yang digelar pada 14 Maret 2018. Rangkaian kegiatan Pesta Lityerasi akan diakhiri dengan acara bedah buku “Sastra Multikultural” karya  Dr. Akhmad Taufiq, S.S., M. Pd., yang juga Ketua LP3M Universitas Jember pada tanggal 21 Maret 2018. (lid/iim)



Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *