SPI Universitas Jember Latih Auditor Dari 18 Perguruan Tinggi – Universitas Jember


Jember, 10 Oktober 2018

Satuan Pengawas Internal (SPI) Universitas Jember kembali menggelar Coaching Clinic bagi para auditor dan calon auditor di lingkungan perguruan tinggi. Acara ini diikuti oleh 43 orang peserta dari 18 perguruan tinggi negeri dan swasta di Indonesia. Selama 4 hari (9-12/10) mereka akan belajar mengenai audit perencanaan, audit pengadaan barang dan jasa (PBJ), audit sumber daya manusia, audit keuangan, pemanfaatan sistem informasi pajak dan sistem informasi pelaporan pajak, audit Barang Milik Negara (BMN) dan materi lainnya.

“Alhamdulillah ini adalah Coaching Clinic ke 10 yang telah kami lakukan. Masing-masing angkatan memiliki ciri khas yang berbeda dan untuk angkatan ke 10 ini ada pada pemanfaatan sistem informasi pajak dan sistem informasi pelaporan pajak yang menjadi pembeda dengan angkatan lain,” ujar Ketua SPI Universitas Jember Tri Chandra Setiowati dalam acara pembukaan yang digelar di aula lantai 3 Kantor Pusat Universitas Jember.

Menurut Tri Chandra, tujuan dari Coaching Clinic ini adalah untuk memberikan bekal kepada para auditor internal dan calon auditor agar memiliki kemampuan dalam melakukan audit dan melaporkan hasil audit dilingkungan mereka dengan cepat dan tepat.

“Kecepatan dan ketepatan dalam melakukan dan melaporkan audit internal pada institusi adalah sebuah keharusan. Jangan sampai hasil audit yang kita laporkan pada pimpinan sudah habis masa waktunya atau kedaluwarsa,” ujar Tri Chandra.

Sementara itu dalam sambutan pembukaannya, Rektor Universitas Jember, Moh. Hasan, mengatakan pentingnya peran SPI dalam penyelenggaraan tugas dan fungsi di suatu organisasi. Karena menurutnya, kegiatan audit internal ini akan sangat membantu dalam melakukan proses deteksi dini terhadap kemungkinan terjadinya penyimpangan dan ketidak patuhan terhadap ketentuan aturan yang berlaku.

“Kita harus terus berupaya membangun sistem yang lebih baik. Oleh karena itu, untuk menunjang hal tersebut kita harus menyediakan sumber daya manusia yang berkualitas. Salah satunya dengan kegiatan Coaching Clinic seperti yang dilaksanakan oleh SPI Universitas Jember ini,” ujar Rektor.

Rektor berharap, Coaching Clinic ini dapat membentuk para auditor internal yang dapat memberikan kontribusi positif dalam proses penyelenggaraan tugas pokok dan fungsi di lingkungan organisasi masing-masing peserta.

“Harapan kami nantinya teman-teman auditor dapat memberikan kontribusi kepada pimpinan di unit kerja masing-masing dalam pengambilan sebuah keputusan serta bisa membantu perguruan tinggi dalam mewujudkan tata kelola yang baik,” pungkas Rektor.



Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *