Universitas Jember Perluas Kerjasama Ke Eropa Timur – Universitas Jember


Jember, 8 Juni 2018

Universitas Jember mulai menjajaki kerjasama ke wilayah Eropa Timur. Salah satunya dengan dilakukannya penandatanganan jalinan kerjasama dengan Wrocław University, di Kampus Wrocław University, Polandia (14/5). Kerjasama ini dipandang sebagai langkah strategis bagi Universitas Jember dan Wrocław University dalam mengembangkan proses akademik.

“Universitas Jember menjadi mitra pertama yang sangat strategis bagi Wrocław University di wilayah Asia Tenggara. Tentunya ini merupakan langkah awal bagi mereka dalam mengembangkan kerja sama dengan perguruan tinggi lain yang berada di wilayah Asia Tenggara,” tutur Rachmat Hidayat, S.Sos, MPA, Ph.D yang mewakili Rektor Universitas Jember dalam penandatangan MoU.

Menurut Rachmat, kerjasama antara Universitas Jember dan Wrocław University sebenarnya sudah lama terjalin. Jalinan kerjasama itu dengan keterlibatan beberapa dosen dari Universitas Jember dan Wrocław University  dalam beberapa program penelitian bersama (joint research).

“Penandantanganan kerjasama ini sebanarnya bukan sesuatu yang singkat. Sebelumnya kami sudah saling melakukan penjajakan pada kualitas akademik yang ada diantara kami melalui joint research ataupun keterlibatan dalam seminar-seminar internasional sebagai keynote speaker” imbuh Rachmat.

Rachmat mengatakan, Wrocław University merupakan kampus diwilayah benua Eropa yang mengalami percepatan proses akademik yang cukup mengejutkan. Karena menurut Rachmat Wrocław University mampu sejajar dengan kampus ternama lainnya yang berada di wilayah Eropa Barat.

“Kerja sama ini adalah langkah yang sangat tepat bagi Universitas Jember. Implementasi dari kerja sama ini seperti halnya penelitian bersama, pertukaran staf pengajar, pertukaran staf ataupun pertukaran mahasiswa dalam rangka memberikan pengalaman dan peningkatan kualitas akademik bagi para mahasiswa,” lanjut Rachmat.

Rachmat berharap, kerja sama yang telah dilakukan dapat memberikan kontribusi yang besar dalam peningkatan kualitas akademik yang ada di Universitas Jember. Karena menurutnya kerjasama ini dalam rangka penguatan Tri Dharma Universitas Jember dalam hilirisasi penelitian pada proses publikasi internasional.

“Saya berharap muara dari kerja sama ini adalah penguatan kapasitas para dosen sehingga dampaknya adalah bisa memunculkan outout yang bagus bagi mahasiswa. Mahasiswa bisa cepat lulus dan berkompeten dalam bidang keilmuan yang mereka kuasai yang siap terjun pada masyatakat dan industri yang bisa bersaing dalam pasar internasional,” pungkas Rachmat.



Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *